Featured Posts

Paud, Jembatan Keunikan AnakPaud, Jembatan Keunikan Anaktuntutan orang tua yang merasa bangga dan menuntut anak usia dini mahir calistung bukan lagi cara pandang tepat. Selain belum waktunya, juga melanggar hak anak bermain. Efeknya.....

Readmore

kunci penting kembangkan bakat anakKunci Penting Kembangkan Bakat AnakBAKAT dalam diri anak merupakan anugerah sejak lahir yang musti disyukuri. Namun, orangtua tidak boleh hanya berdiam diri. Perlu stimulasi untuk mengasah bakatnya....

Readmore

pengembangan bakat disesuaikan dengan kebutuhan anakPengembangan Bakat Disesuaikan dengan Kebutuhan AnakKUNCI lain yang tak kalah pentingnya dalam pengembangan bakat anak adalah dengan selalu berpijak pada kebutuhan anak....

Readmore

Rss

Energi Hebat Pendidikan Usia Dini


Bagaimana menjamin anak-anak kita menjadi pribadi hebat di masa datang? Kini merupakan tuntutan, kita harus memberi perhatian lebih pada pendidikan anak usia dini (PAUD). Tahun-tahun awal kehidupan menjadi tahun keemasan yang berpengaruh besar seumur hidupnya. Lima tahun pertama adalah pembentukan, penyerapan nilai-nilai, pengembangan kebiasaan dan pengalaman berdasar perkembangan otak. Ini akan membentuk sistem syaraf serta pola biologis yang memengaruhi kesehatan, cara belajar, dan sikap sepanjang hayatnya.


Menyadari begitu vitalnya peran pendidikan usia dini, Mendiknas M Nuh menempatkannya menjadi salah satu dari empat prioritas pada 2011. Tiga prioritas lainnya adalah pendidikan dasar, pendidikan vokasi dan politeknik, serta percepatan doktor. Saat ini angka partisipasi kasar PAUD secara nasional mencapai 54 persen. Angka itu perlu ditingakatkan, mengingat usia ini diyakini sebagai masa kritis perkembangan kognitif spesifik, sosial dan kemampuan psikomotorik yang secara signifikan memberi kesuksesan dalam kehidupan.


Investasi terbaik pada tahun awal adalah dengan menyediakan program pendidikan dini pada anak berkualitas, dengan mengedepankan metodologi kebutuhan belajar-mengajar harus berbasis aktivitas dan permainan. Pengembangan mental menjadi kunci eksplorasi potensi anak secara keseluruhan. Pada periode ini kemampuan bahasa anak berkembang hebat, begitu pula keterampilan sosialnya, dan pola pikir simbolis yang secara keseluruhan menjadi kunci pada masa belajar di sekolah dan kehidupan sosial kemasyarakatan kelak. 


Bermain merupakan media terbaik dalam pengajaran pada tahap ini. Naluri ini datang dengan sendirinya pada anak, dan menjadi kunci untuk menciptakan serta mempertahankan ketertarikan dasar dalam belajar. Ragam kegiatan bermain bisa berupa bercerita, bersajak, permainan bahasa, pengenalan angka, musik, gerakan, kreativitas seni, prakarya, aktivitas motorik kasar dan halus, atau drama yang memungkinkan anak-anak bereksplorasi, beruji-coba, bertanya, mengemukakan alasan dan memecahkan masalah kecil.


Realitasnya, tidak jarang sekolah dikelola oleh guru yang tidak terlatih. Mereka memperkenalkan pada anak pelajaran tentang literasi, dan pengenalan angka dengan cara formal, sementara anak belum siap secara umur dan pengalaman. Metodologi ini menimbulkan efek tekanan akademis pada anak, yang dikhawarirkan dapat memengaruhi perkembangannya. Walaupun anak-anak dapat mengikuti apa yang diajarkan, namun penelitian menunjukkan cara tersebut membahayakan perkembangan kepribadian anak-anak kita.


Program PAUD yang berkualitas memberi energi luar biasa bagi kehidupan anak, khususnya dalam bentuk kualitas hidup, di dalam keluarga, dan adaptasinya dalam masyarakat. Jika pada masa kritis ini anak-anak tidak mendapat stimulasi berharga dan meningkatkan lingkungan fisik dan psikososial, perkembangan otak seringkali menurun. Tepatlah prioritas Kemendiknas: pendidikan usia dini merupakan fondasi utama kehidupan jangka panjang anak-anak kita sebagai aset, kekuatan, dan kualitas kaum muda di masa datang.
-suaramerdeka.com- 

Leave a Reply