Featured Posts

Paud, Jembatan Keunikan AnakPaud, Jembatan Keunikan Anaktuntutan orang tua yang merasa bangga dan menuntut anak usia dini mahir calistung bukan lagi cara pandang tepat. Selain belum waktunya, juga melanggar hak anak bermain. Efeknya.....

Readmore

kunci penting kembangkan bakat anakKunci Penting Kembangkan Bakat AnakBAKAT dalam diri anak merupakan anugerah sejak lahir yang musti disyukuri. Namun, orangtua tidak boleh hanya berdiam diri. Perlu stimulasi untuk mengasah bakatnya....

Readmore

pengembangan bakat disesuaikan dengan kebutuhan anakPengembangan Bakat Disesuaikan dengan Kebutuhan AnakKUNCI lain yang tak kalah pentingnya dalam pengembangan bakat anak adalah dengan selalu berpijak pada kebutuhan anak....

Readmore

Rss

Renang Bikin Anak Cerdas



Queensland - Studi terbaru para ilmuwan di Australia telah membuktikan bahwa belajar berenang dapat membuat anak menjadi lebih cerdas.

Selain berguna bagi kesehatan, renang juga bermanfaat sebagai pertahanan tubuh saat berada di air.

Sebuah penelitian hasil kerjasama antara Griffith University, Kids Alive Swim Program dan Swim Australia ini menjaring lebih dari 10.000 anak berumur sekitar lima tahunan pada kelas latih renang.

Proyek ini memantau 10.000 siswa di seluruh Australia setiap tahunnya selama empat tahun dan bertujuan untuk menentukan apakah dengan berenang secara teratur mampu  menghasilkan masukan terhadap perkembangan fisik, sosial, kognitif dan bahasa pada anak-anak yang belum bersekolah.

Profesor Robyn Jorgensen, dari Griffith Institute for Educational Research, Queensland, mengatakan "Bukti anekdotal menemukan bahwa perenang atau anak yang bisa berenang cenderung lebih percaya diri dengan perkembangan fisik yang lebih besar daripada rekan-rekan seusianya yang tidak bisa berenang."

Menurutnya, data awal dari studi ini cukup positif, mereka mengikuti kelas berenang terlihat lebih unggul secara perkembangan, baik secara fisik, sosial, kognitif dan bahasa.

"Tenggelam adalah penyebab kematian tertinggi di bawah kelompok umur 5 tahun, baik di kolam renang, kamar mandi atau sumber air lainnya. Jadi kami ingin meningkatkan kesadaran tentang pentingnya belajar berenang sejak usia dini," kata Prof Jorgensen.

Hasil studi ini  akan mengidentifikasi faktor kunci dalam program-program renang yang meningkatkan perkembangan anak, seperti jumlah pelajaran per minggu, usia anak ketika mulai pelajaran dan akses ke kolam renang rumah.

Penelitian ini merupakan studi detail pertama yang menentukan banyaknya manfaat dari perkembangan yang terjadi pada anak yang sedang belajar berenang.

-wartanews.com-

One Response so far.

  1. Terimakasih ya informasinya :)
    FYI Kami jual baju renang juga lho, mampir ke toko kami yuk baju renang anak

Leave a Reply