Featured Posts

Paud, Jembatan Keunikan AnakPaud, Jembatan Keunikan Anaktuntutan orang tua yang merasa bangga dan menuntut anak usia dini mahir calistung bukan lagi cara pandang tepat. Selain belum waktunya, juga melanggar hak anak bermain. Efeknya.....

Readmore

kunci penting kembangkan bakat anakKunci Penting Kembangkan Bakat AnakBAKAT dalam diri anak merupakan anugerah sejak lahir yang musti disyukuri. Namun, orangtua tidak boleh hanya berdiam diri. Perlu stimulasi untuk mengasah bakatnya....

Readmore

pengembangan bakat disesuaikan dengan kebutuhan anakPengembangan Bakat Disesuaikan dengan Kebutuhan AnakKUNCI lain yang tak kalah pentingnya dalam pengembangan bakat anak adalah dengan selalu berpijak pada kebutuhan anak....

Readmore

Rss

Hindari Kasar pada Anak


Sebagai orangtua, tentunya Anda ingin dicintai dan disayangi oleh anak-anak. Namun terkadang sikap kita sebagai orang tua terhadap anak sering kelewat batas, yang kita anggap wajar tapi tenyata dampaknya pada anak sangat tidak baik pada perilakunya dan sikapnya terhadap kita sebagai orang tua.

Apabila kita ingin dihargai dan menerima sikap yang baik dari anak, tentunya semua itu tak pernah terlepas dari sikap dan perilaku kita terhadap anak itu sendiri.

Sebagai orang tua, hendaknya jangan pernah sekalipun menghardik atau memaki anak dengan perkataan yang tidak wajar seperti ungkapan binatang dan sebagainya. Hal ini akan berpengaruh pada kondisi kejiwaannya.

Yang paling gampang melihat dampaknya terhadap anak adalah, suatu saat ia akan melegalkan kata makian seperti itu dalam dirinya ketika ia marah. Kata makian tidaklah baik dan pantas diucapkan, apalagi terhadap anak sendiri.

Kalau kita sebagai orangtua marah terhadap anak, yang dibutuhkan adalah kontrol terhadap marah itu sendiri, boleh saja marah asalkan tetap mendidik. Katakan padanya kalau perbuatannya itu adalah perbuatan yang salah dan bodoh.

Katakan pada anak bahwa tindakan yang salah itu harus diperbaiki dan jangan diulang lagi. Katakan apa akibatnya dari perbuatannya itu. Dengan diberikan solusi pada anak, ia akan berpikir lebih terbuka terhadap segala kesalahan yang telah diperbuatnya.

Jalan lainnya adalah dengan menghukumnya. Cara menghukumnya adalah dengan cara yang mendidik pula. Pemotongan uang jajan, tidak boleh keluar bermain lebih mendidiknya untuk tidak melakukan kesalahannya lagi daripada dengan makian dan pukulan yang hanya akan menjadikannya bersikap kasar dan tidak penurut terhadap orang tua.

Kalau suatu saat Anda merasa perlu memukul anak, tidak masalah selama hal itu bukan bermaksud menyakiti. Diperbolehkan Anda memukul anak, namun hanya dengan pukulan yang tidak berbahaya dan mendidik, dengan tujuan untuk mendidiknya dari kesalahan yang diperbuatnya. Kalau bisa hanya diperuntukkan bagi kesalahan yang berat saja.

Satu hal yang tak kalah penting adalah dengan selalu mengajaknya berdiskusi terhadap setiap permasalahannya. Ajak ia untuk turut serta memecahkan masalahnya sendiri. Beri dan bimbing ia menemukan jalan keluar dari masalahnya sendiri.

Jangan pernah membiarkan anak dengan permasalahannya tanpa bimbingan Anda sebagai orang tua. 


-harian-global.com-


Leave a Reply