Featured Posts

Paud, Jembatan Keunikan AnakPaud, Jembatan Keunikan Anaktuntutan orang tua yang merasa bangga dan menuntut anak usia dini mahir calistung bukan lagi cara pandang tepat. Selain belum waktunya, juga melanggar hak anak bermain. Efeknya.....

Readmore

kunci penting kembangkan bakat anakKunci Penting Kembangkan Bakat AnakBAKAT dalam diri anak merupakan anugerah sejak lahir yang musti disyukuri. Namun, orangtua tidak boleh hanya berdiam diri. Perlu stimulasi untuk mengasah bakatnya....

Readmore

pengembangan bakat disesuaikan dengan kebutuhan anakPengembangan Bakat Disesuaikan dengan Kebutuhan AnakKUNCI lain yang tak kalah pentingnya dalam pengembangan bakat anak adalah dengan selalu berpijak pada kebutuhan anak....

Readmore

Rss

Terapkan Peraturan Sedari Dini


Orang tua mana yang tidak ingin memberikan segala yang dimiliki kepada buah hati tercintanya? Dengan keadaan yang mencukupi, hampir semua orang tua berupaya memenuhi kebutuhan anak-anak mereka. Sebenarnya anak terlahir tidak dengan pribadi yang manja, sikap dan perilaku dari sekelilingnya yang membentuk anak manja.

Memberikan sebatas yang dibutuhkan sang anak sesuai dengan umurnya, sedemikian rupa sesuai keperluannya, itulah hal yang baik dilakukan para orang tua agar sifat manja tidak terbawa  hingga dewasa. Orang tua harus mempunyai kemauan untuk tidak lagi memanjakan anak. Perilaku manja salah satunya karena selama ini apa saja yang mereka inginkan selalu dituruti.

“Faktor lingkungan yang memengaruhi tingkah laku anak-anak, mereka  manja karena kitalah yang membentuknya. Sebagai orang tua harus membuat peraturan sendiri agar anak-anak terbiasa mandiri,” kata Komariah SPsi Psikolog yang juga bertugas di Sekolah Penerbangan Medan kepada Global, Senin (10/1).

Manja sebenarnya tidak hanya dikaitkan dengan memberikan segala yang dimau anak, tetapi sifat manja anak juga terjadi dalam hal keinginan untuk selalu dekat dengan orang tua. Tidak jarang anak yang sudah dalam usia sekolah masih selalu berebut dengan adiknya yang balita untuk mendapatkan belaian dari ibunya.

”Anak-anak itu dinamis, setiap saat kita harus terus mengawasi tingkah lakunya. Sikap manja tidak memiliki batasan usia, anak-anak pada usia sekolah juga ada  yang manja, bahkan orang dewasa  terkadang masih ada. Kita yang harus mengarahkan mereka dari usia dini, agar anak lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri,” sebutnya  lagi. 

Jangan menuruti segala kemauan sang anak, mereka juga harus bisa mengikuti keinginan orangtua, orangtua harus bersikap bijaksana dan tegas. Beri ruang agar mereka berusaha mendapatkan apa yang diinginkannya, jika mereka benar-benar pada kondisi meminta bantuan barulah dibantu.

Perbuatan sekecil apapun dari sang anak harus Anda hargai, ajarkan hidup mandiri dari hal-hal yang kecil. Misalnya biasakan anak mengambil baju seragam sendiri, mengambil makan atau minum sendiri.

Bukan hanya orang tua yang berperan membiasakan anak bertingkah laku mandiri, seluruh keluarga dapat berperan aktif untuk tidak memanjakan anak. Orang tua harus konsisten untuk tidak memanjakan anak, tidak hanya satu atau dua hari saja lalu kembali memanjakan mereka, agar mereka terbiasa hingga dewasa.


-harian-global.com-


Leave a Reply